Senin, 07 Januari 2008

ICT INDONESIA ke DEPAN

ICT INDONESIA ke DEPAN

Rekaman PRESS TALK, 4 Januri 2008, pukul 19.30, dengan topik Information Communication Technology (ICT Indonesia ke Depan). Atau Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia ke Depan.

Hadir sebagai tamu, Onno W. Purbo, yang mengaku sebagai rakyat. Kami menyebutnya Innovator Rakyat. Sosok yang secara fantastis mengembangkan RT/RW Net, juga pengembang Wajan Bolic untuk akses WiFi. Melalui handset 3G, ia mampu berkomunikasi selular yang nir kartu selular, dan sudah masuk di era 4G. Tetapi teknologi temuan anak negeri ini, lebih mendapatkan apresiasi, seperti di Afrika dan Amerika Latin. Ia menganut paham, bahwa copy right, bahkan paten sekalipun yang dimiliki, dilepas saja ke publik. melalu laku demikian, Onno mengaku mendapatkan banyak kemaslahatan dari dunia, bukan cuma dari negerinya sendiri.

Di sampaing Onno, hadir juga Eddy Satrya, Asisten Deputi Telematika & Utilitas Kantor, Menkoperekonomian. Ia diajak tampil berkait pada 27 Desember 2007 lalu menyelenggarakan sebuah seminar di Kantor Menkoperekonomian. Buah diskusi itu telah menjadi diskusi yang hangat di berbagai milis telematika di internet.

Tamu berikutnya adalah, Loly Amalia, Direktur Sistem Informasi Perangkat Lunak dan Konten, Depkominfo.

Arah pengembangan kekuatan bangsa di bidang ICT ke depan memang tidak jernih. Keberpihakan pengembangan telekomunikasi, contohnya, tidak berorientasi kepada masyarakat banyak.

Di bidang konten pun, Depkominfo mencoba membuat inkubator konten dan aplikasi. Tetapi, sayang anggaran tersedia hanya Rp 1,5 miliar tahun ini, dan digunakan untuk melakukan beauty contest. Padahal kesenjangan digital (digital devide), sudah kian kental, yang memerlukan langkah percepatan luar biasa - - terutama untuk pengembangan konten di mana Indonesia punya potensi mendatangkan US $ miliaran.

Sisi kebutuhan venture capital riil, tetap tidak pernah dan akan bisa direalisasikan pemerintah - - karena pemerintah memang kehilangan orientasi.

Berikut pengantara anchor dalam PRESS TALK yang rencananya akan disiarkan mulai 14 januari 20078 nanti:

Topik kita kali ini Information, Communication Technologi (ICT) Indonesia ke Depan.

Atau Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia ke Depan.

Saat ini jika berbicara soal ICT, yang selalu dikemukakan adalah sesuatu yang canggih. Karena kecanggihan itu bukanlah pakem orang awam, di beberapa daerah pembuatan situs internet atau website, yang sesungguhnya salah satu medium komunikasi dari media komunikasi yang ada, seakan-akan barang yang juga canggih. Kibatnya beberpa website berdomain go.id berbiaya miliaran rupiah. Yang paling hangat urusan situs pasriwisata yang berbiaya mencapai Rp 17 miliar dan menjadi topic hangat dibicarakan di milis-milis.

Unsur yang terkandung di dalam ICT, berupa hardware, software dan konten/aplikasi, yang sesungguhnya jernih, dan tidak rumit-rumit amat untuk dipahami, seakan tertutupi oleh isu kecanggihan ICT. Padahal kalaupun ada unsure yang harus memang canggih, ia adalah bagian dari infrastruktur, yang kalau dijabarkan juga tidak melibat suatu hal yang luar biasa tak mungkin dicapai dan dikuasai.

Tetapi begitulah keadaan di masyarakat. Arah ke mana kekuatan ICT bangsa hendak ditujukan hingga kini belum baku dan paku tujuan dilangkahkan.

Penghunjung 2007 lalu, kantor kementrian Menkoperekonomian membuat diskusi akhir tahun ICT. Hasilnya berbagai milis ICT, heboh mendiskusikan. Bahkan hingga hari ini masih dalam topik hangat di milis-milis telematikan, juga yang terkait.

Barang apakah ICT, benarkah sesuatu yang canggih, mahal, untuk kita berdialog pada kesempatan ini

4 komentar:

E Satriya mengatakan...

Good Efforts pak iwan. I Salute You. Ada minor koreksi dari saya, nama lengkap saya Eddy Satriya.

Tks,

Eddy

Nico Wijaya mengatakan...

Wak haji onno emang inspirator sy pak. Value yg di berikanya itu loh,bnyk di serap mhs it.
Dan, diskusi di milis boleh aja hangat, tp aksi jgn lupa. Lam kenal pak, dari blogger jelata di kaki gunung merapi :)

Cara Besar Untuk berfikir Besar mengatakan...

ICT RTRW-Net, Program, sesuatu yagn berhubungan dengan komputer.. knapa selalu dianggep mahal?? pada prinsipnya rekan-rekan yang peduli di Indonesia selalu berjuang demi sebuah kebebasan tekhnologi,

regard
http://jaylangkung.com

Narliswandi (Iwan) Piliang mengatakan...

Terima kasih atas komentar kawan-kawan. Untuk Pak Eddy Satriya, maaf atas keteledoran penulisan nama. Sekali lagi terima kasih. Wassalam